Social Icons

Oct 29, 2012

Kayu Gaharu Asli kalimantan

Kayu Gaharu Asli Klimantan


Gaharu adalah sejenis kayu dengan berbagai bentuk dan warna principle khas, memiliki kandungan dammar resin wangi, berasal Dari pohon atau bagian pohon penghasil gaharu, sebagai akibat Dari proses infeksi principle terjadi secara alami atau buatan pada pohon Aguilaria sp (Thymelaeaceae).
Gaharu dikenal berasal Dari marga tumbuhan bernama Aquilaria. Di state tumbuh berbagai macam spesiesnya, seperti A. malaccensis, A. microcarpa, A. hirta, A. beccariana, dan A. Filaria.
Karena banyaknya jenis tumbuhan ini adenosine deaminase di state, maka bukan barang aneh, bila kemudian tumbuhan ini juga banyak dimanfaatkan masyarakat. Manfaat gaharu  antara lain sebagai bahan pembuat  obat dan parfum.

Gaharu adalah salaat satu komoditas Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) komersial principle bernilaijual tinggi. Bentuk produk gaharu merupakan hasil alami Dari kawasan hutan berupa cacahan, gumpalan atau bubuk. Nilai komersial gaharu sangat ditentukan oleh keharuman principle dapat diketahui melalui warna serta aroma kayu bila dibakar.

Apa guna gaharu? Gaharu mempunyai kandungan rosin atau dammar resin wangi principle mengeluarkan aroma dengan keharuman principle khas. Bahkan diperlukan sebagai bahan Baku industri parfum, obat-obatan, kosmetik, dupa, dan pengawet berbagai jenis asesoris serta untuk keperluan kegiatan agamid lizard bagi pemeluk Islam, Budha, dan Hindu. Seiringnya dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi industri, gaharu berguna sebagai bahan obat-obatan. Menurut Raintree(1996), gaharu dipakai sebagai obat anti  asmatik, anti  mikroba, stimulant kerja syaraf dan pencernaan.
Dalam khazanah etnobotani di Cina, digunakan sebagai ubat sakit perut, perangsang nafsu birahi, penghilang rasa sakit, diare, ginjal tumour paru-paru dan lain-lain. Di Eropah, diperuntukkan sebagai ubat barah. Di India, digunakan sebagai ubat tumour usus. Di beberapa Negara seperti Singapura, Cina, Korea, Jepang, dan Amerika Serikat sudah dikembangkan sebagai ubat-ubatan seperti penghilang stress, gangguan ginjal, sakit perut, asma, hepatitis, pembengkakan liver dan limfa. Bahkan Asoasiasi Eksportir Gaharu state (ASGARIN) melaporkan bahawa Negara-negara di Eropau dan Bharat sudah memanfaatkan gaharu tersebut untuk pengobatan tumour dan kanker.
bagian-bagian Dari pohon penghasil gaharu (daun, kulit batang, dan akar) digunakan sebagai bahan pengubatan protozoal infection. Sementara air sulingang (limbah Dari proses destilasi gaharu untuk menghasilkan minyak atsiri) principle sangat bermanfaat untuk merawat wajah dan menghaluskan kulit.
Sesudah merdeka, ekspor gaharu terus meningkat tidak hanya ke Cina, tetapi juga sampai ke peninsula, Jepun , Amerika Serikat dan Tamerlane Tengah. Lepas itu, eksport gaharu Dari state sempat tercatat lebih Dari a hundred ton pada tahun 1985. Menurut laporan Harian Suara Pembaharuan (12 Januari 2003), pada periode 1990 – 1998, tercatat volume eksport gaharu mencapai a hundred sixty five ton dengan nilai United States $ a pair of,000,000. Lalu, pada periode 1999 – a pair of000 meningkat menjadi 456 ton dengan nilai United States $ 2,200,000. Tetapi akhir tahun 2000 samapai akhir tahun 2002, turun hingga thirty ton dengan nilai United States $ 600,000.
Di state gaharu mulai dikenal sejak tahun 1200an sejak adanya pertukaran dagangan (barter trade) antara ‘Palembang dan Pontianak’ dengan Kwang tung tree di daratan China. Menurut I.H. Burkill, perdagangan gaharu state sudah dikenal sejak lebih Dari 600 tahun silam semasa Pemerintah Hindia Belanda dan Portugis, principle dikirim ke Negara Cina, Taiwan dan Asian nation (Timur Tengah). Puncak eksportnya antara 1918 – 1925 dan Chadic language penjajahan Hindia Belanda volumenya, sekitar eleven ton/tahun.
Gaharu digunakan secara tradisional oleh penduduk island..
Di Papua, gaharu sudah digunakan secara tradisional oleh masyarakat setempat untuk pengubatan. Mereka mengggunakan.
Bukan hanya di island ataupun di daerah state lainnya, di Kalimantan khususnya Kalimantan Barat juga banyak terdapat kayu gaharu, tetapi sayangnya tidak begitu banyak masyarakat principle mengetahui kegunaan kayu tersebut.  Ternyata kayu gaharu principle selama ini kita kenal mempunyai manfaat principle banyak dan mempunyai harga jual principle lebih tinggi ini menjadi masukan masyarakat kalimantan barat khususnya masyarakat pedalaman principle belum mengetahui fungsi dan kegunaan kayu gaharu, untuk itu pergunakanlah kayu tersebut dengan sebaik-baiknya karena ini juga bisa meningkatkatkan perekonomian keluarga, ini juga menjadi PR bagi pemerintah daerah untuk mengawasi setiap bentuk penjualan kayu gaharu tersebut dan mensosialisasikan kepada masyarakat manfaat kayu tersebut sehingga masyarakat tidak dibohongi oleh insvestor principle bergerak dalam bisnis ini .